Tuesday , October 24 2017
Home >> Wisata Religi >> Makam Ki Ageng Pandanaran Semarang

Makam Ki Ageng Pandanaran Semarang

Ki Ageng Pandanaran merupakan adipati Semarang yang pertama kali, sedangkan tanggal diangkatnya beliau menjadi adipati pertama kali ini maka dijadikan hari jadi kota semarang. Dengan kata lain Ki Ageng Pandanaran dianggap sebagai pelopor berdirinya atau terciptanya kota Semarang.

Ki Ageng Pandan Arang atau lebih di kenal dengan nama Ki Ageng Pandanaran meninggal pada tahun 1496. Adapun Makam Ki Ageng Pandanaran ini berada di Jl. Mugas Dalam II/4, Kelurahan Mugasari kurang lebih 1 Km dari Tugu Muda. dibuka untuk umum setiap hari dan setiap saat.

Makam Ki Ageng Pandanaran ini sangat ramai dan banyak dikunjungi oleh peziarah terutama pada acara khaul meninggalnya beliau yaitu setiap bulan Muharam setahun sekali. Namun meskipun begitu makam ini juga dibuka untuk umum setiap hari dan setiap saat.

Rute untuk menuju Makam Ki Ageng Pandanaran. 

Dari masjid Baiturrahman menuju ke makam Ki Ageng Pandanaran, dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Dari Masjid Baiturrohman, anda akan menyusuri jalan Pandanaran di sebelah selatan Masjid menuju arah barat sepanjang 200 m. Sesampainya di depan Toko Buku Gramedia anda akan menemukan sebuah belokan kecil yang akan menuntun anda ke arah makam Ki Ageng Pandanaran. Selama dalam perjalanan, anda akan melihat pemandangan kantor harian sore Wawasan, kampus Stikubank dan kantor Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Tengah (kawasan Mugas). Untuk selanjutnya, anda akan menempuh perjalanan panjang yang terjal, naik turun bukit dan jalan berundak yang mana jalan tersebut akan mengantarkan anda menuju Jl. Mugas II di mana Ki Ageng Pandanaran di makamkan.

Sekian semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya