Tuesday , October 24 2017
Home >> Lokasi Wisata >> Curug Tujuh Bidadari – Wisata Air Terjun di Semarang

Curug Tujuh Bidadari – Wisata Air Terjun di Semarang

Curug Tujuh Bidadari merupakan salah satu tempat wisata air terjun di kabupaten Semarang yang mungkin sangat cocok untuk dikunjungi sebagai alternatif untuk melepaskan kepenatan di hari libur kerja. Apalagi jika Anda sedang berencana mengunjungi tempat wisata di Bandungan, mungkin tempat ini bisa Anda masukkan ke daftar perjalanan wisata Anda, karena Curug Tujuh Bidadari letaknya tak jauh dari Bandungan dan Candi Gedong Songo.

curug-tujuh-bidadari

Curug Tujuh Bidadari memiliki terjunan air tiga susun yang masing-masing terdapat kolam di bawahnya. Dari ketiga susunan air terjun tersebut membentuk tujuh buah air terjun. Jika dihitung-hitung, ketinggian air terjun Tujuh Bidadari memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter.

curug-tujuh-bidadari-bandungan

Karena kawasan wisata air terjun curug Tujuh Bidadari ini terletak di lereng gunung Ungaran yang tepatnya di daerah Sumowono, tentunya menjadi salah satu tempat wisata alam yang tidak jauh berbeda dengan Curug Semirang, Curug Lawe, Curug Bebowo, Grojogan Klenting Kuning dan lain sebagainya sehingga airnya sangat jernih, segar, dan hawa udaranya juga sangat sejuk karena jauh dari polusi udara dan keramaian kota. Wisata air terjun curug Tujuh Bidadari yang terletak di sebelah barat Obyek Wisata New Bandungan Indah ini masih tergolong baru dan alami, dikelilingi pohon-pohon serta dipercantik dengan pemandangan persawahan milik warga setempat.

pesona-curug-tujuh-bidadari

Aksesbilitas dan Rute menuju Curug Tujuh Bidadari

Untuk mencapai lokasi air terjun Curug Tujuh Bidadari sangatlah mudah, hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Semarang dengan menggunakan mobil pribadi tanpa terhalang kemacetan di jalan. Bahkan bisa kurang dari 30 menit jika menggunakan kendaraan bermotor.

jalan-menuju-curug-tujuh-bidadari

Rute menuju Curug Tujuh Bidadari dari arah Semarang

Bagi Anda yang ingin menuju lokasi curug Tujuh Bidadari dari kota Semarang, Anda bisa mengikuti jalur Semarang – Solo (tidak melewati tol) hingga menemukan POM Bensin Lemah Abang, dan setelah itu ambil jalur ke kanan untuk menuju kawasan wisata Bandungan.

Setelah sampai di kawasan wisata Bandungan ambil jalur menuju arah Sumowono, sesampainya di pasar atau terminal Sumowono ada pertigaan ambil jalan yang lurus sampai menemukan petunjuk arah menuju curug Tujuh Bidadari yang letaknya di kiri jalan.

akses-jalan-menuju-curug-tujuh-bidadari

Rute menuju Curug Tujuh Bidadari dari arah Kendal melalui Boja

Bagi Anda yang ingin menuju curug Tujuh Bidadari dari Kendal Anda bisa mengambil jalur Kaliwungu melewati depan Masjid Al Muttaqin Kaliwungu atau pertigaan Sikopek. Setelah sampai pertigaan lampu bangjo Boja ambil jalur ke kiri, kurang lebih 300 meter ada pertigaan lagi dan silahkan ambil jalur ke kanan untuk menuju arah Sumowono sampai menemukan petunjuk arah ke Curug Tujuh Bidadari yang berada di sebelah kanan.

Rute menuju Curug Tujuh Bidadari dari arah Solo

Dan bagi Anda yang ingin mengunjungi Curug Tujuh Bidadari dari arah Solo maka Anda bisa langsung mengikuti jalan Solo – Semarang. Setelah sampai di terminal Bawen ambil jalur ke kiri untuk menuju Ambarawa sampai pertigaan Paoline belok kiri untuk menuju Bandungan dan lurus terus menuju Sumowono hingga menemukan petunjuk ke arah Curug 7 Bidadari yang terletak di sebelah kiri.

lokasi-pembelian-tiket-curug-tujuh-bidadari

Rute menuju Curug Tujuh Bidadari dari arah Jogja, Wonosobo, Magelang dan sekitarnya

Kenudian bagi Anda yang ingin menuju Curug Tujuh Bidadari dari arah Wonosobo, Magelang, Parakan, dan sekitarnya bisa melalui jalur Ambarawa hingga pertigaan Paoline dan ambil jalur kiri untuk menuju Bandungan dan lurus terus menuju Sumowono hingga menemukan petunjuk ke arah Curug Tujuh Bidadari yang terletak di sebelah kiri.

Atau Anda bisa melewati jalur alternatif Temanggung – Sumowono. Jika Anda melewati jalur ini maka di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah, hawa sejuk pegunungan menyusuri jalan berkelok penuh dengan tanjakan. Setelah sampai pasar Sumowono ambil jalur ke kiri hingga menemukan petunjuk ke arah Curug 7 Bidadari yang terletak di sebelah kiri.

Selepas itu Anda akan masuk pada jalan perkampungan dengan kondisi yang sudah cukup baik dan hanya dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk sampai tempat parkir. Sedangkan dari tempat parkir menuju lokasi air terjun Tujuh Bidadari hanya sekitar 300 meter. Jarak yang cukup dekat dari lokasi tempat parkir dengan menyusuri jalan setapak sambil menikmati panorama keindahan persawahan milik warga setempat.

tempat-parkir-air-terjun-tujuh-bidadari

tempat-parkir-curug-tujuh-bidadari

parkir-mobil-curug-tujuh-bidadari

jalan-ke-lokasi-curug-tujuh-bidadari

Alamat lengkap Curug Tujuh Bidadari Bandungan, Semarang

Curug Tujuh Bidadari Terletak di Dusun Keseneng, Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.

air-terjun-curug-tujuh-bidadari

Harga tiket masuk Curug Tujuh Bidadari

Untuk harga tiket masuk wisata air terjun ini juga sangat murah, yakni Rp. 3000,- perorang untuk hari biasa dan Rp. 4000,- untuk hari besar atau libur. Sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor hanya Rp. 1000,-.

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui Facebook, Twitter ataupun media sosial lainnya